tv Cara supaya Rajin, Nyaman, Senang untuk Sholat 5 Waktu dan Ibadah ~ seluruhilmu999

Cara supaya Rajin, Nyaman, Senang untuk Sholat 5 Waktu dan Ibadah

Posted by Ahmad Mauludin Sohih On Sunday, December 4, 2016 3 comments
Alhamdulillah, dengan anda mengetetik kata kunci yang tujuannya supaya anda dapat tertib sholat 5 waktunya, sholat sunah, sholat malam, tahajud, ataupun ibadah lainnya, berarti anda sudah ada niatan untuk merubah diri anda atas kesadaran anda sendiri, dan hal itu patut disyukuri, berbanggalah yang mana berarti Allah berusaha untuk merubah anda menjadi lebih baik. pada kesempatan ini saya akan menuliskan atau sharing tentang pengalaman hidup dan informasi tentang gimana sih caranya agar kita tidak malas untuk sholat itu yang utama karena sholat 5 waktu adalah amalan hisapan pertama kali ketika di akhirat nanti. dan sholat 5 waktu menjadi parameter atau tolak ukur bahwa bagaimana dengan keimanan seseorang. apabila sholat 5 wakunya teratur dan disiplin, dilakukan dengan tumakninah dan niat tulus karena Allah tanpa ada niat yang lain, maka insyaallah dapat dibuktikan sendiri bahwa amalan-amalan yang lainnya akan ikut baik pula, dan begitu sebaliknya. baiklah marilah langsung saya bagikan beberapa tips berikut ini:
anmasi belajar sholat 5 waktu ibadah baca Al-qur'an ibadah tahajut
Sholat wajib 5 waktu berjamaah


1. Menjaga Niat Tulus Karena Allah Semata

Anda ingin memperbaiki sholat anda maka apapun itu kawan, saya selalu ingatkan dan apapun itu semua aktivitas kita pertama adalah menjaga niat, menata niat terlebih dahulu, niatnya ditata supaya anda ingin memperbaiki diri anda anda ingin mendapatkan ridhonya Allah, anda ingin menjadi lebih baik, dan anda ingin berbuat baik kepada Allah dengan cara mendisiplinkan sholat 5 waktu ataupun ibadah-ibadah yang lainnya. ditata niatnya apapun cobaannya apapun gangguannya, apapun godaannya anda harus menata niat ingin benar - benar istiqomah untuk berubah dan ingin anda menjadi nyaman senang dan rajin pada sholat anda.

2. Pasang Alarm Sholat di HP 

Pasanglah alarm sholat di  hp anda setengah jam sebelum sholat, kenapa setengah jam? ikutin terus nanti saya akan jelaskan di bab selanjutnya. jadi waktu subuh misal jam 03.30 waktu azan subuh maka pasang alarm diwaktu jam 03.00 atau 02.30 karena pada waktu subuh biasanya akan sulit untuk bangun. begitu pula untuk waktu duhur, apabila sholatnya jam 12.00 maka pasanglah alaram jam 11.30 dan begitu seterusnya pada sholat asar, maghrib, isya' waktu sholat malam atau sholat duha di pagi hari, tergantung kebutuhan anda. alarm dapat berupa rington azan atau ringtoon bacaan Al-Qur'an.  

3. Jangan Tidur Terlalu Malam

Jangan tidur terlalu malam, yang tujuannya adalah agar anda tidak kelelahan dan cukup untuk beristirahat sehingga ketika bangun malam atau bangun untuk sholat subuh anda dapat tidak terlalu ngantuk. kalau saya sarankan berdasarkan pengalaman dan yang saya praktekkan yaitu tidurnya jam setengah 10 dan waktu setengah 10 itu dipasang alarm juga sehingga jika alarm anda berbunyi ini menandakan anda waktunya untuk istirahat, metode ini bagus untuk membentuk konsistenitas diri kita dan otak kita. dan ini benar adanya dalam metode imprinting, ya sedikit tahulah karena memang saya jurusan biologi murni hehe.oke lanjut, pertanyaannya yaitu kenapa kok jam setengah 10 yang efektif? karena saat kita akan tidur kita tidak langsung bisa tidur jd untuk menenangkan diri butuh waktu setengah jaman, dan jangan mengakses gadget anda karena ini akan dapa menyebabkan anda susah tidur dan insomnia, lebih baik membacalah Al-Qur'an sebelum tidur, dan berdoa. selain itu supaya nyaman saudara sebelumnya saya sarankan sikat gigi, cuci muka dan berwudu sebelum tidur, kemudian saat akan tidur silahkan anda berdoa pada Allah agar dibangunkan ketika subuh atau malamnya jika ingin sholat malam.

4. Mandi Setiap akan Sholat

Mungkin terdengar aneh mandi setiap akan sholat, mandi disini tidak harus dalam sholat 5 waktu mandi menggunakan, jadi kalau yang saya praktekkan dan ilmu ini berasal dari guru saya dan juga dari dosen fisip, yaitu ketika subuh contohnya setelah bangun segeralah mandi dan mandi sabunan juga, sikat gigi, saya sabeut mandi umumlah. kemudian pergunakan baju yang hangat supaya tubuh anda nyaman, pertama kali akan dingin, tapi lama-kelamaan tubuh anda akan terbiasa. silahkan dibuktikan setelah anda mandi maka ngantuk anda akan hilang, gunakan wewangian sedikit saja dan segeralah menuju masjid atau tempat sholat, inilah alasannya mengapa setengah jam sebelum waktu azan anda harus memasang alamr. jadi setengah jam ini digunakan untuk mandi, dan siap siap. ketika tubuh anda segar, tidak ngantuk, tidak capek, wangi, maka anda akan nyaman ketika akan sholat atau beribadah lainya, sedangkan untuk sholat lainnya bisa hanya mandi biasa tanpa sabun, dan mandi dengan sabun ketika waktu asar dan waktu maghrib, saat akan isya' tidak perlu mandi lagi.

5. Makanlah, dan Hilangkan Urusan yang lain selain Ibadah

Saat akan sholat usahakan saudara dalam keadaan nyaman dan tidak sedang haus, lapar, tidak sedang kebelet dan lain-lain, jadi selesaikan urusan saudara dulu, maka dari itu saudara dapa menyiapkan roti atau cemilan, ketika lapar sewaktu waktu bisa untuk digunakan mengganjel perut. intinya dalam kondisi tubuh itu baik baik saja akan memudahkan dan membuat kita nyaman dalam melaksanakan sholat dan ibadah lainnya.

6. Perbaiki Sholat Anda

Perbaikilah sholat anda, baik gerakan dan bacaannya dibenarkan dulu, dapat ditanyakan pada guru ngaji, ustad, atau teman anda yang alim dan mengerti

7. Pelan-pelan

Pelan-pelan disini yang saya maksudkan adalah ibadah sholat dan lain sebagainya, ketika anda menuju masjid, ketika anda berwudu pelan saja tapi pasti, sampai mantap, ketika melakukan gerakan sholat ketika akan melakukan gerakan yang lainnya maka tenangnkan dulu, ketika sudah tenang barulah melanjutkan gerakan sholat dan bacaannya, begitu pula bacaannya, jangan terlalu cepat pelan-pelan saja dan mantap. apabila sholat dilakukan dengan cepat, tidak tenang, tidak tumakninah, tidak fokus pada Allah maka tidak akan merasakan ketenangan, dan rasanya sholat tidak akan nyaman, silahkan dipraktekan sendiri untuk membuktikan

8. Sholat 2 rokaat 

sebelum dan sesudah sholat usahakan sholat 2 rokaat rawatib, hal ini akan menenangkan hati anda, selain itu anda akan mendapatkan pahala tambahan dari Allah

9. Berdoalah pd Allah

Berdoalah pada Allah suapaya anda dimudahkan dalam ibdah, supaya anda lebih bisa dengan dengan Allah, supaya ibadah saudara dapat tertib dan rajin, berdoalah, ya Allah sesungguhnya saya hanya makluk dan hambamu yang kaya akan kelemahan dan dosa, ya Allah aku sungguh ingin mendekat kepada Engkau, maka dekatkanlah aku pada engkau, ya Allah perbaikilah diriku dan ibadahku, perbaikiliah niatku supaya tulus karena engkau dan ingin masuk surga engakau dan ingin terhindar dari sika engau ya Allah, sesungguhnya tubuh ini adalah milikmu, bantulah hamba untuk mengendalikannya dalam hal kebaikan ya Allah, amin. nah itu salah satu contoh doa yang sering saya gunakan, bisa saudara berdoa dengan sesuai keinginan saudara sendiri.

10. Bertemanlah dengan Orang-orang yang Senang Sholat dan Taat Beribadah 

Dengan berteman dengan orang-orang yang taat ibadah,maka kita akan ketularan taat ibadah, akan selalu ada yang mengingatkan dan menasehati kita, dan akan ingin menirukan dan ingin seperti mereka

11. Pahamilah Hakiki kita hidup

Teman-teman pahamilah bahwa sesungguhnya Allah menciptaan jin dan manusia tidak lain tidak hanya adalah untuk beribadah, maka dari itu sudah sewajarnya dan sepantasnya kita untuk beribadah, jangan sampai urusan dunia mengalahkan urusan akhirat kita, ketika kita mati semua harta dan kehidupan dunia kita akan hilang, kecuali amal pengamalan kita yang dipertanggungjawabkan, maka kia harus memahamkan diri kita bahwa untuk mencari kehidupan yang sesungguhnya adalah dengan beribadah dengan landasan niat karena Allah.

12. Gunakan Tips dari sayya yang Sesuai dengan Anda

Gunakankalah tips yang saya bagikan, pilihlah mana yang kira kira pas untuk dikerjakan dan yang penting nanti sama - sama tujuan kita untuk sholat, dan beribadah kita kepada Allah, kita menjadi rajin dan lebih baik, dan tips tadi hanya sebagai referensi berdasarkan pengalaman yang mungkin dapa bermanfaat bagi saudara sekalian, akhir kata dari saya Wassallamualaikum wr. wb.

3 comments:

Rofly Nugraha said...

Awesome Post! :)

ahmad mauludinsohih said...

hehehehe

Liza Nurvatimay said...

Alhamdulillah nemu juga cara yang pas maksih. Sangat membantu n bermanfaat semoga jadi pahala aamiin

Post a Comment