tv Sumber Asam lemak dan Omega - di Pekarangan UNEJ ~ seluruhilmu999

Sumber Asam lemak dan Omega - di Pekarangan UNEJ

Posted by Ahmad Mauludin Sohih On Thursday, May 30, 2013 3 comments

Omega 3 di Pekarangan Universitas Jember ?

Benar sekali , namun apa maksutnya, dari penulis menulis ini, seringkali jika teman - teman berkunjung ke Universitas Jember, disepanjang jalan, Selain ada pohon - pohon besar, juga ada pohon yang selalu menghasilkan Gizi , namun tak banyak orang yang mengetahui tentang ini, lalu Tumbuhan apakah sedemikian itu ? jawabnya adalah Pohon Kenari yang menghasilkan buah kenari, tidka percaya ? teman - teman dapat melihat dibawah pohon - pohon, paling banyak saya menemukan di FMIPA dan di daerah Doble way,sampai menuju Fakultas masing - masing hampir selalu ada. ketika dibalik rumput - rumput yang hijau, ternyata terdapat Buah Kenari yang sangat luar biasah banyaknya , saya takjub melihat pemandangan yang tak banyak orang yang menyadarinya, bahkan mungkin bertanya apa iya ? silahkan dicek sendiri sebagai bukti. buah kenari inilah adalah buah yang Kaya akan Asam Lemak tak jenuh tunggal dan Omega 3. 

Kenari dalam lomba blog unej dan telkomsel seluruhilmu999
buah kenari

Kemudian Untuk apa Buah kenari ini ?

Dengan Manfaat yang sangat besar  ini dapat diperoduksi atau digunakan Alternatif pengganti susu yang kaya akan Gizi, Namun susu adalah salah satu kebutuhan yang harganya tidak semua lapisan Masyarakat dapat menjangkaunya, kemudian gagasan saya ini saya sampaikan untuk pengoptimalan dalam industri makanan, mengapa saya menyadari hal ini? hal ini dikarenakan berkat Dosen Biologi Mikrobiologi yang sedang mengajar pada pertemuan perkuliahan, beliau menyarankan untuk Mahasiswanya memanfaatkan buah kenari, saya sendiri sebenarnya tidak menyadarinya , namun ternyata benar, sungguh menakjubkan melihat Buah Kenari yang berceceran dimana - mana tapi tak disadari tersebut. saya melihat Respon teman - teman saya namun mereka juga tidak ada yang menyadarinya, jika dikumpulkan buah kenari yang terdapat di Universitas Jember Ini seakan akan memproduksi dalam Pertanian Kenari, namun sayangnya tidka dimanfaatkan dengan baik. 

Lalu bagaimana Aplikasinya dalam kehidupan sehari - hari ?

Gagasan yang muncul adalah dengan cara Mengolah buah kenari dan dilakukan dengan pencampuran pada komposisi kedelai yang akan digunakan industri pangan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari yang hargany sangat terjangkau, yaitu misalnya tempe, dengan bantuan Jamur Rhizopus Oligosporus Jamur ini tergolong dalam jamur benang. cara kerja jamur ini adalah dengan cara menghasilkan sebuah enzim bernama Fitase. Kerja enzim ini adalah memecah Fitat dan membuat komponen senyawa makro pada kacang kedelai dilebur atau dipecah menjadi komponen mikro yang lebih sederhana. Hal ini yang menyebabkan zat gizi pada tempe lebih mudah untuk diolah tubuh, jamur ini juga memfermentasikan subtrat lainnya, memproduksi beberapa enzim ( salah satu enzim yang diproduksi adalah enzim golongan Protase) dan bahkan bisa digunakan untuk mengolah beberapa jenis limbah. Maka dengan hal ini penambahan isi dari buah kenari ini dapat membawa gizi yang optimal dalam pemenuhan gizi yang diperlukan oleh Tubuh, maka cara selanjutnya adalah dapat mengolah terlebih dahulu buah isi dari buah kenari, yang gurih , dapat diolah menjadi bubuk seperti tepung terlebih dahulu, ataupun kemudian dibentuk segumpalan bentuk yang dapat diaplikasikan dengan Kedelai dalam Tempe.

Sebenarnya Manfaat dari buah kenari itu apa ? 

 Adapun manfaat dari buah kenari yaitu : 
  1. Kesehatan Tulang, kenari ini dapat meningkatkan Penyerapan dan pengendapan kalsium yang mana dikarenakan adanya Kandungan daru asam lemak esensial.
  2. Peningkatan Metabolisme, kenari ini dapag meningkatkan metabolisme tubuh, dikarenakan adanya suatu adam lemak esensial yang memberikan mineral , dimana mineral ini penting untuk tubuh. Mineral yang ada pad kenari adalah mangan, kalium, besi,magnesium,seng,selenium,tembaga, dan mineral - mineral ini membantu dalam kegiagan metabolisme seperti Pencernaan dan Sintesis asam nukleat, pertumbuhan, perkembangan , dan generasi sperma.
  3. Melawan Kanker, bagaiman bisa ? yups kareana kenari memiliki kemampuan untuk mengontrol pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita, Menurut penelitian yang dilakukan oleh Carvalho dkk. (2010)daei Universitas Portugal.
  4. Kontrol Diabetes ,Seseorang yang memiliki penyakit diabetes dapat mengkonsumsi kenari secara teratur, karena mengandung banyak poli dan mono lemak tak jenuh, Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Gillen dkk. (2005) Universitas Wollongong, Australia.
  5. Peningkatan Fungsi Jantung,Kenari sungguh banyak mengandung asam lemak tunggal (72%) seperti asam oleat dan Kenari juga mengandung Omega -3, dalam riset dibuktikan bahwa kenari dapat mencegah penyakit jantung koroner..

Kemudian Manfaatnya untuk Universitas Negeri Jember ?

tentu saja bila gagasan ini ditanggapi dapat dikembangkan dalam Mikrobiologi industri pangan yang karena sumber ide dan pencetus terdapat dari Mahasiswa Universitas Jember, dapat untuk bahan PKM yang bisa untuk perlombaan dalam bisang Riset, kemungkinan keberhasilan Aplikatif ini adalah besar, maka dengan ini keberhasilan didapat, serta terciptalah 
Tempe Kenari Universitas Jember


dengan gizi Omega - 3 dan Asam Lemak tak jenuh tunggal , dapat menjadi Alternatif suatu pemenuhan Gizi yang murah namun dengan kualitas Gizi yang lura biasah, sehingga anak bangsa ini dapat mendpatkan penyebaran Pemenuhan Gizi, karena bila di kota mungkin sudah memenuhi namun untuk kaum Bawah ataupun Pelosok, apakah dapat membeli bahan makanan yang pemenuhannya Gizi mencukupi ? kemudian mungkin muncul pertanyaan, Pentingkah Gizi ? jawabnya sangat penting, bila gizi tak terpenuhi menyebabkan Penyakit seperti busung Lapar, lalu bila banyak penduduk Indonesia ini yang masih kekurang Gizi dan sampai ke berita dunia, siapa yang disalahkan ? maka dari itu Generasi muda marilah kita fikirkan nasib bangsa kita pula, sesuatu yang dianggap remeh dan tidak disadari ternyata bisa merubah salah satu dari permasalahan yang ada di Sekitar serta seluruh warga Indonesia. 
 dan ada artikel lain yang tak kalah seru , maka lihat juga : 
Artikel ini didukung oleh  : http://unej.ac.id/
Diadakan Oleh HIMASIF Universitas Jember.
dan diseponsori oleh      : Telkomsel



3 comments:

George xx said...

Asam lemak omega 3 lebih mudah didapat dari minyak ikan, coba konsumsi Nature EPA.

ahmad mauludinsohih said...

iya bener bisa meningkatkan kecerdasan pada otak

JeCsOn said...

hmmmm

Post a Comment